New Mom Belanja Toiletries untuk New Born Baby

Jadi calon ibu emang bikin perasaan campur aduk. Happy iya. Tapi bingung, deg-degan, khawatir dan laper mata juga iya.
Calon ibu yg datang ke babyshop dengan tatapan nanar dan celingak-celinguk jadi target utama mbak-mbak babyshop.
Bun ini aja bun ini bagus banget. Banyak yg pd pake ini lho bunAh lagi-lagi dirayu. Dan saya termasuk yg kemakan rayuan juga. Padahal belum butuh, atau malah nggak terlalu butuh. Padahal pakai merek A aja juga sama fungsinya. Udah tau tapi beberapa kali keulang juga huhu
Nah saya nggak mau calon ibu lain juga terjerumus rayuan mbak mbak babyshop, ada sedikit tips sebelum belanja perlengkapan baby a la mama ibuk
TIPS
  1. Sebelum belanja, pastikan bikin list dulu ya
  2. Kalau perlu ajak suami diskusi soal list yang sudah dibuat
  3. Cari review, browsing atau ngobrol dg teman-teman sesama calon ibu atau malah dengan yg udah lebih dulu pengalaman
  4. Untuk beberapa barang mungkin perlu survey harga juga ya
  5. Fokus. Jangan laper mata. Yaah sesekali boleh lah biar bumilnya happy. Tapi jangan keseringan juga :)
_________________
Namanya manusia baru di dunia ini ya, keluar belum punya apa2. Dosa pun tak punya jadi memang perlengkapannya macem seserahan aja, lengkap dari atas sampe bawah hehe
Saya juga mau bahas tentang perlengkapan kosmetik apa-apa aja buat newborn baby. Sebenarnya lebih ke perlengkapan apa saja yang (dulu) saya beli untuk Kinan hehe, ada juga beberapa produk yang masih dipakai sampai sekarang. Saya termasuk yang nggak terlalu ribet soal urusan kosmetik. Saya pakai yang ada aja.

  • Sabun dan Shampoo
Ini semacam kebutuhan primer baby ya menurut saya. Meski dalam beberapa artikel pernah saya baca kalau sebenarnya, minyak telon ini adalah kebiasaan orang tua kita jaman dulu untuk menghangatkan baby. Tanpa minyak telon pun sebenarnya nggak masalah. Tapi biar lebih manteb aroma ‘bayi banget’ nya dan ya ini saya anggap kebutuhan primer hehe
Saya beli seperlunya, sabun+shampoo (top to toe) mereknya lupa pokoknya kalau nggak Pigeon ya Zwitsal. Sabun dan Shampoo tipe top to toe ini lebih praktis karena bisa untuk rambut sekaligus badan. Nggak usah repot buka botol yang ini dulu, terus ganti yang itu. Belum kalau kalau lagi panik karena masih belajar mandiin baby, terus jadi salah salah ambil botolnya hihi. Jadi produk semacam ini membantu sekali. Ohya, praktis juga untuk traveling ;)
  • Minyak Telon
Minyak telon pertama Kinan merek Konicare yg tutupnya ungu. Terus beberapa kali tutupnya pecah karena jatuh, dan pengen coba merek lain, saya pakai My Baby yg orange, yang ada serehnya sekalian bisa buat anti nyamuk. Belakangan saya pake Beberoosie, ini terenak menurut saya, tp saya tetep pake My Baby juga.
Lahiran kemarin dari RSKIA dapet paketan kosmetik bayi (sabun, shampoo, lotion, bedak, cologne) kalau nggak salah dapet paket dari merek Jhonson&Jhonson.  Dapet beberapa kado paketan Cussons baby, saya pake juga.
Alhamdulillah kulit Kinan bukan termasuk yg sensitif/bermasalah. Jadi pakai merek macem-macem juga cocok.
  • Nappy Cream
Minggu-minggu awal, Kinan sempat mulai ruam di area popoknya. Kemudian barulah beli nappy cream. Ini jg titip Ayah Kinan yang pas lagi di Jogja, jd bs nitip ke babyshop langganan kami. Saya pakai merek Chicco. Kenapa? Ya karena Ayah Kinan kena bujuk rayu mbak mbak babyshop :)))
Gede banget nappy creamnya, isinya banyak 100ml dan kayak nggak habis-habis. Eh tapi ternyata waktu saya dapet tips dari mbak babyshop juga, kalau ternyata nappy cream Chicco ini bisa juga untukmembantu menghilangkan stretch mark. Wow!
Alhamdulillah produk ini cocok juga untuk Kinan, jadi kalau mulai ruam saya pakein nappy cream ini.
Saya juga pernah coba pakai diapers cream dari Zwitsal karena diapers cream sebelumnya ketinggalan dan Kinan ada ruam kemerahan lagi. Takut makin menjadi, langsung saya coba cari di minimarket dan Alhamdulillah cocok juga, plusnya gampang didapet, lebih hemat pula (teteeep).
  • Bedak Bayi
Saya nggak pakaikan bedak bayi ke Kinan. Ayah Kinan kebetulan suka alergi/bersin2 kalau ada debu dan kadang tersugesti kalau ada partikel kecil semacem bedak bayi ini. Jadi saya tidak pakai karena takut terhirup sama Kinan juga.
Setahu saya, sebetulnya pakai bedak pun nggak masalah, asal tidak berlebihan dan bukan di area yg mudah terhirup baby, juga bukan di area kemaluan CMIIIW
  • Hair lotion
Nah untuk yang ini memang ya, kayanya ngaruh banget di Kinan. Saya pakai hair lotion dari Beauty Barn. Sempet gemes karena rambut Kinan yang lambat tumbuhnya pasca di cukur, saya mulai browsing produk ini dan review-reviewnya. Memang harus telaten pakainya karena nggak mungkin seketika langsung kelihatan hasilnya. Apalagi kalau tiap hari lihat dan ketemu, jadi nggak terlalu notice sama perubahannya hihi Harumnya enak, nggak nyengat tapi harum smooth gitu. Saya kadang juga pakai karena wanginya enak hihi.
Untuk produk ini saya belum repurchase, baru sekali dan udah merasa rambut Kinan nggak gundul lagi, jadi terlena x)
Sekarang udah jarang pakai hair lotion, karena anaknya udah mulai suka nolak-nolak. Ohya saya juga pakai hair lotion dari Pigeon, kurang paham sebenernya kalau hair lotion ini fungsinya buat apa, yang jelas jadi wangi-wangi gitu sih.
  • Sunblock
Produk sunblock yang aman untuk bayi emang masih jarang banget ya. Bahkan waktu konsultasi dengan DSA pun juga bilang kalau setau beliau, belum ada sunblock yang aman untuk bayi.
Jadi waktu Kinan belum umur 1 tahun, yaa sekitar usia 6 bulanan lebih, di pipi dan daerah dekat telinga Kinan agak terlihat belang. Ada bagian yang gelap dan ada yang lebih terang, kayak kena panu kali ya, tapi nggak gatal, dan nggak ada bintik. Belangnya pun kelihatan kalau diamati dari jarak cukup dekat. Karena nggak kunjung hilang, waktu ke DSA, saya sekalian konsultasi dan kata DSAnya, kemungkinan karena sinar matahari. Kemungkinan kulit Kinan masih sensitif jadi memang sebaiknya menghindari paparan sinar matahari langsung. Kami juga dapat salep racikan untuk membantu menyembuhkan belang di pipi Kinan.
Sun Shield Lotion Beauty Barn

Kemudian, saya inget kalau Beauty Barn ada produk Sunblocknya! Langsung saya beli Sun Shield Lotion Beauty Barn dan cobain ke Kinan. Alhamdulillah cocok! Dan jadi andalan kalau Kinan mau berenang, atau aktivitas di luar rumah. Nggak pakai ragu lagi karena udah percaya banget sama Beauty Barn yang ingradientsnya alami jadi aman buat baby. Teksturnya agak kental, dan sedikit oily. Untuk produk ini, sebaiknya tidak disimpan di ruangan ber AC, karena bisa mengental dan sulit dikeluarkan lewat pump nya. Kalau sudah telanjur? Gampaang, taruh di suhu ruangan lalu di rendam di air hangat.
  • Soother Stick
Saya pakai Soother Stick dari Beauty Barn juga. Kalau nggak salah, dulu namanya Soother Ointment. Produk ini manfaatnya banyak dan ingradientsnya aman karena dari bahan alami, ya. Soother stick karena memang bentuknya stick, dan pemakaiannya cukup dioles aja dibagian yang diinginkan, bisa dioles ulang berkali-kali Insya Allah tetep aman. Nggak panas, nggak pedih, dan nggak berasa apa-apa Cuma kayak ngoles krim aja ke kulit.
Soother Stick ini bisa dipakai untuk bekas gigitan serangga, luka kecil kayak lecet karena jatuh, atau memar karena terbentur juga. Multifungsi banget! Mama Ibu sukaaaaa.
Soother stick Beauty Barn Travel Size (5g)

Saya sudah beberapa kali repurchase produk ini karena emang cocok banget di Kinan. gatel dan bentol-bentol karena nyamuk atau serangga bisa diatasi dengan Soother stick ini. Terakhir saya beli di babyshop Jogja yang memang salah satu reseller resmi Beauty Barn yang travel size, kecil banget cuma 5gr karena kehabisan yang full size.
_________________________________________________________________________

Prinsipnya, saya beli/pakai produk sesuai kebutuhan, sambil jalan aja hehe
Saya cobain dulu yang merek gampang didapet. Jadi sewaktu-waktu kehabisan, gampang juga belinya.

Pernah sesekali kepikiran pengen cobain merek lucu dengan packaging lucu-lucu itu kemudian mikir kalau jadi ‘ketergantungan’ harus pake merek tertentu, males ribetnya kalo kehabisan dan harus ke babyshop atau pesen di olshop dulu. Teruuusss jugaaa lebih hemat daaan gampang kalau mau repurchase. horeeeee

Love,
KY

Komentar